Responsive Banner design
Home » » Cara Menggunakan Buku Guru Kurikulum 2013 SD

Cara Menggunakan Buku Guru Kurikulum 2013 SD



Buku Guru adalah buku panduan untuk guru. Buku panduan guru ini memiliki dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan Buku Siswa dan sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas. Mengingat pentingnya buku guru ini, maka disarankan bagi guru untuk memperhatikan hal-hal sebagai berikut.
1.      Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.
2.      Pahamilah setiap Kompetensi Dasar dan Indikator yang dikaitkan dengan tema.
3.      Upayakan buku guru ini mencakup Kompetensi Inti (KI) I dan (KI) II dalam semua  kegiatan  pembelajaran.  Guru  diharapkan  melakukan  penguatan untuk mendukung pembentukan sikap, pengetahuan, dan perilaku positif.
4.      Dukunglah ketercapaian Kompetensi Inti (KI) I dan (KI) II dengan kegiatan pembiasaan, keteladanan, budaya sekolah, dan menyanyikan lagu nasional.
5.      Cocokkanlah  setiap  langkah  kegiatan  yang  berhubungan  dengan  buku siswa sesuai dengan halaman yang dimaksud.
6.      Mulailah  setiap  kegiatan  pembelajaran  dengan  memberikan  pengantar sesuai tema pembelajaran. Lebih baik lagi jika dilengkapi dengan kegiatan pembukaan  yang  menyenangkan  dan  membangkitkan  rasa  ingin  tahu siswa.   Misalnya   bercerita,   mengajukan   pertanyaan   yang   menantang, menyanyikan lagu, menunjukkan gambar, dan sebagainya. Demikian juga pada  saat  menutup  pembelajaran.  Pemberian  pengantar  pada  setiap perpindahan subtema dan tema, menjadi faktor yang sangat penting untuk memaksimalkan manfaat dan keberhasilan pendekatan tematik terpadu yang diuraikan didalam buku ini.
7.      Kembangkan   ide-ide   kreatif   dalam   memilih   metode   pembelajaran. Termasuk  di  dalamnya  menemukan  kegiatan  alternatif  apabila  kondisi yang  terjadi  kurang  sesuai  dengan  perencanaan  (misalnya,  siswa  tidak dapat mengamati tanaman di luar kelas pada saat hujan).
8.      Pilihlah beragam metode pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya bermain peran, mengamati, bertanya, bercerita, bernyanyi, menggambar, dan sebagainya). Penggunaan beragam metode tersebut, selain melibatkan siswa secara langsung, diharapkan juga dapat melibatkan warga sekolah dan lingkungan sekolah.
9.      Kembangkanlah keterampilan seperti:
a.       pembelajaran    Aktif,    Inovatif,    Lingkungan,    Kreatif,    Efektif,    dan Menyenangkan (PAILKEM);
b.      Keterampilan  bertanya  yang  berorientasi  pada  kemampuan  berpikir tingkat tinggi;
c.       Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran dan;
d.      Keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas.
10.    Gunakanlah   media   atau   sumber   belajar   alternatif   yang   tersedia   di lingkungan sekolah.
11.  Pada  setiap  semester  ada  4  tema.  Tiap  tema  terdiri  atas  4  subtema. Setiap  subtema  diuraikan  ke  dalam  6  pembelajaran.  Satu  pembelajaran dialokasikan untuk satu hari. 1
12.  Perkiraan   alokasi   waktu   dapat   merujuk   kepada   struktur   kurikulum. Meskipun  demikian,  alokasi  waktu  menurut  mata  pelajaran  hanyalah sebagai  petunjuk  umum.  Guru  diharapkan  menentukan  sendiri  alokasi waktu berdasarkan situasi dan kondisi di sekolah dan pendekatan tematik terpadu.
13.  Pada akhir subtema buku siswa, dilengkapi dengan bahan-bahan latihan yang  sejalan  dengan  pencapaian  kompetensi.  Meskipun  demikian,  guru dianjurkan untuk menambah bahan-bahan latihan bagi siswa dari sumber- sumber yang lain.
14.  Hasil  unjuk  kerja  siswa  yang  berupa  karya  dan  bukti  penilaian  dapat berfungsi sebagai portofolio siswa.
15.  Buatlah catatan refleksi setelah satu subtema selesai, sebagai bahan untuk melakukan  perbaikan  pada  proses  pembelajaran  selanjutnya.  Misalnya, faktor-faktor yang menyebabkan pembelajaran berlangsung dengan baik, kendala-kendala yang dihadapi, dan ide-ide kreatif untuk mengembangkan lebih lanjut.
16.  Libatkan semua siswa tanpa kecuali dan yakini bahwa setiap siswa adalah cerdas dengan keunikan masing-masing. Dengan demikian, pemahaman tentang  kecerdasan  majemuk,  gaya  belajar  siswa  serta  beragam  faktor penyebab efektivitas dan kesulitan belajar siswa sangat dibutuhkan.
17.  Demi pencapaian tujuan pembelajaran, diperlukan komitmen guru untuk mendidik sepenuh hati (antusias, kreatif, penuh cinta, dan kesabaran).

Kegiatan Bersama Orang Tua
Secara khusus, di setiap akhir pembelajaran pada Buku Siswa terdapat kolom orang tua dengan subjudul dengan Orang Tua”. Kolom ini berisi informasi  tentang  materi  yang  dipelajari    dan  aktivitas  belajar  yang  dapat dilakukan siswa bersama orang tua di rumah. Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat dengan aktivitas belajar siswa. Guru perlu membangun komunikasi dengan  orang  tua  sehubungan  dengan  kegiatan  pembelajaran  yang  akan melibatkan orang tua dan siswa di rumah.



0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Bocoran Soal TWK CPNS 2018

Inilah beberapa soal yang muncul dalam TWK dan TIU CPNS 2018 : 1. Siapakah Ketua BPUPKI? Jawabannya Ketua BPUPKI adalah Kanjeng ...

Followers

Featured Posts

Selamat datang di PTK Garden

Popular Posts

CPNS