Responsive Banner design
Home » » Bahan Mentah Pembuatan RPP K13 Kelas 5 Tema 6 Panas dan Perpindahannya St 1 Pembelajara 1

Bahan Mentah Pembuatan RPP K13 Kelas 5 Tema 6 Panas dan Perpindahannya St 1 Pembelajara 1


Subtema 1 Suhu dan Kalor
Pembelajaran 1

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.3     Meringkas teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik.
4.3     Menyajikan ringkasan teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan menggunakan kosakata  baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan visual.

IPA
3.6     Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari.
4.6     Melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor.

Indikator Pembelajaran
Bahasa Indonesia
3.3     Meringkas teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik.
4.3     Menyajikan ringkasan teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan menggunakan kosakata  baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan visual.

IPA
3.6     Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari.
4.6     Melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor.

Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan menuliskan kata-kata kunci yang ditemukan dalam tiap paragraf bacaan, siswa mampu meringkas teks eksplanasi pada media cetak secara tepat.
  2. Dengan membuat kesimpulan bacaan, siswa mampu menyajikan ringkasan teks secara tepat.
  3. Dengan melakukan percobaan tentang bagaimana sumber energi panas dapat   menyebabkan   perubahan,   siswa   mampu   menerapkan   konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari secara bertangung jawab.
  4. Dengan  membuat  laporan  percobaan,  siswa  mampu  melaporkan  hasil pengamatan tentang perpindahan kalor secara tepat.

Kegiatan Pendahuluan
Guru   membuka   pelajaran   dengan   memperkenalkan   judul   tema   dan subtema (Tema : Panas dan Perpindahannya, Subtema Suhu dan Panas). 

Guru  memberikan  beberapa  pertanyaan  untuk  menstimulus  rasa  ingin tahu siswa, tentang topik yang akan dibahas pada tema.
  • Apakah menurutmu panas bisa berpindah?
  • Bagaimana caranya panas berpindah?
  • Apakah kamu pernah memegang gagang panci di atas kompor yang menyala?
  • Apakah kamu merasakan panas?
  • Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?


Siswa  mencermati  gambar  yang  disajikan di  Buku  Siswa,  guru mengarahkan  diskusi dengan  meminta  siswa  untuk  mengamati gambar dibawah ini.
  • Mengapa baju yang basah apabila dijemur dibawah sinar matahari bisa kering?
  • Apa yang terjadi pada air di dalam panci tersebut?
  • Apakah kamu pernah melihat peristiwa-peristiwa seperti dalam gambar?
  • Sumber panas apa saja yang dapat kamu temukan dalam gambar?


Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bergantian menuliskan jawabannya di papan tulis. Jawaban-jawaban tersebut, kemudian digunakan sebagai bahan bagi guru untuk menjelaskan lebih lanjut tentang cakupan topik yang akan dibahas pada hari tersebut.

 Langkah-langkah Pembelajaran
Siswa  membaca  teks  bacaan  yang  berjudul  Energi  Panas” di  dalam  hati.  Siswa diperbolehkan     untuk     menggaris     bawahi informasi   penting   yang   ia   temukan   dalam bacaan.

Sumber Energi Panas
Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas.  Sumber  energi  panas  dapat  kita  jumpai  di  alam,  salah  satunya adalah  matahari.  Matahari  merupakan  sumber  energi  panas  terbesar. Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia.
Energi  panas  matahari  dapat  menerangi  bumi  sehingga  udara di  bumi  menjadi  hangat.  Dalam  kehidupan  sehari-hari,  energi  panas matahari  dimanfaatkan  dalam  berbagai  kegiatan  manusia.  Misalnya, panas  matahari  digunakan  untuk  mengeringkan  padi  setelah  dipanen, mengeringkan    garam,    mengeringkan    ikan    asin,    bahkan    untuk mengeringkan pakaian yang basah.
Cobalah   kamu   gosokkan   kedua   tanganmu   selama   satu   menit! Apa  yang  kamu  rasakan?  Sekarang,  ambillah  sebuah  mistar  plastik! Kemudian gosok-gosokkanlah pada kain yang kering selama dua menit! Lalu sentuhlah permukaan mistar plastik itu!  Apa yang kamu rasakan? Setelah kamu melakukan dua kegiatan tersebut, apakah kamu merasakan panas? Energi panas dapat dihasilkan ketika terjadi gesekan antara dua benda. Pada kegiatan di atas, gesekan antara kedua telapak tanganmu dan gesekan antara mistar dan kain, dapat menimbulkan energi panas.
Selain matahari dan gesekan antara dua benda, energi panas juga dapat diperoleh dari api. Pada zaman dahulu, orang mendapatkan api dengan cara menggosokkan dua buah batu yang kering sampai keluar percikan api. Selain itu, nenek moyang kita dahulu menggunakan kayu kering lalu digosok-gosokkan dengan tanah yang kering sampai keluar api. Ternyata gesekan dua benda antara dua batu kering, dan gesekan antara  dua  kayu  kering  dapat  menghasilkan  energi  panas  berupa  api. Saat ini api mudah dihasilkan dari korek api dan kompor.
Sumber : Aprilia, BSE IPA Kelas 4 dengan penyesuaian

Siswa menjawab pertanyaan yang disediakan berdasarkan  informasi  yang  ia  dapatkan  dari bacaan.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini berdasarkan bacaan diatas! Halaman 3
  1. Apakah  yang  dimaksud  dengan  sumber  energi  panas?  Benda  yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas.
  2. Sebutkan paling sedikit dua sumber energi panas yang kamu ketahui! Matahari dan api adalah sumber energi panas.
  3. Manfaat apa saja yang didapatkan makhluk hidup dari matahari? Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang  disebut  sebagai  proses  fotosintesis.  Matahari  juga  membantu manusia,  seperti  mengeringkan  padi  setelah  dipanen,  mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk menjemur pakaian yang basah.
  4. Tunjukkanlah   cara   sederhana   untuk   membuktikan   adanya   energi panas di sekitar kita! Menggosokkan kedua tangan selama satu menit, menggosok mistar plastik pada kain yang kering selama 2 menit.
  5. Bagaimanakah cara nenek moyang kita untuk mendapatkan api? Nenek moyang kita menggosokkan dua buah batu yang kering sampai keluar percikan api.
  6. Mengapa  api  sangat  penting  dalam  kehidupan  manusia?  Api  dapat digunakan  untuk  memasak,  menjadi  pengganti  lampu,  dijadikan  api unggun untuk menghangatkan tubuh, dll.
Petanyaan di halaman 4 Buku siswa
1. Apakah judul bacaan di atas? Sumber Energi Panas
2. Tuliskanlah kata-kata kunci di pada setiap paragraf di atas.
Paragraf I : sumber energi panas
Paragraf 2 :kegunaan matahari
Paragraf 3 : cara menghasilkan energi panas
Paragraf 4 : asal mula api.

3. Apakah  yang  dapat  kamu  simpulkan  dari  bacaan  di  atas?    Sumber energi  panas  ada  di  sekitar  kita  dan  sumber  energi  panas  terbesar adalah matahari, yang digunakan oleh semua makhluk hidup.

Siswa  menuliskan  kata-kata  kunci  yang  ia temukan di setiap paragraf. Guru memberikan penjelasan tentang makna kata kunci, bahwa kata  kunci  adalah  kata-kata  yang  dianggap penting dalam paragraf terkait.
Hasil dari kegiatan pembelajaran pada tahap ini,   dapat   digunakan   untuk   memahamkan KD Bahasa Indonesia tentang meringkas teks penjelasan,  khususnya  mengenai  kata  kunci dalam teks penjelasan.


Siswa  membuat  kesimpulan  dari  bacaan  dan menjelaskan kepada teman sebangkunya.

Guru menggunakan dialog antara Siti dan Udin sebagai stimulus untuk membahas mengenai sumber-sumber energi panas.

Siswa diminta untuk melakukan pengamatan dan  memperhatikan  sumber-sumber  energi panas apa saja yang mereka gunakan sehari- hari dari pagi hingga malam.
Siswa     menuliskan     hasil     pengamatannya dalam bentuk tabel informasi dan melengkapi informasi pada kolom-kolom yang disediakan.
Siswa  mengidentifikasikan  kegiatan  yang  ia lakukan, alat atau bahan yang digunakan dan sumber  energi  panas  yang  digunakan  dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan  ini  digunakan  untuk    memberikan pemahaman kepada siswa tentang KD IPA 3.6 dan 4.6

Siswa membandingkan hasil pengamatannya dengan   hasil   pengamatan   temannya,   dan mencari persamaan dan perbedaan dari kedua hasil pengamatan tersebut.

Siswa  diberi  kesempatan  untuk  menuliskan hal-hal yang mereka ingin ketahui lebih lanjut, siswa   menyalin pertanyaan   tersebut   pada selembar  kertas  dan  menempelkannya  pada dinding kelas.

Berdasarkan   tabel   yang   siswa   buat,   siswa diminta  untuk  mengidentifikasikan  kegiatan mana   yang   menggunakan   sumber   energi panas  yang  paling  sering  dan  paling  jarang, dan melakukan prediksi apakah semakin sering energi  panas  digunakan  maka  akan  semakin besar energi tersebut dipakai.

Siswa melakukan kegiatan pengamatan untuk mengamati  bagaimana  sumber  energi  panas matahari   dapat   menyebabkan   perubahan- perubahan  yang  dengan  mudah  dapat  kita lihat dan amati.
Siswa  melakukan  kegiatan  bersama  dengan kelompoknya yang terdiri dari tiga orang.
Siswa   mempersiapkan   beberapa   alat   dan bahan yang akan dibutuhkan dalam kegiatan tersebut : wadah untuk es batu, 6 buah es batu dengan ukuran yang sama dan pencatat waktu (siswa  dapat  menggunakan  stopwatch  atau jam tangan).
Siswa  menyiapkan  tiga  wadah  yang  masing- masing diisi dengan dua buah es batu.
Wadah satu diletakkan di luar kelas di bawah matahari, wadah kedua diletakkan di atas meja di  dalam  kelas  dan  wadah  ketiga,  di  dalam lemari atau tempat terlindung.

Siswa   mengamati   dengan   mengukur   dan mencatat waktu yang diperlukan bagi es batu pada   masing-masing   wadah   untuk   benar benar mencair.

Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disediakan untuk kegiatan refleksi ini.
Apa saja hal menarik yang kamu perhatikan pada kegiatan pembelajaran hari ini?
Adakah hal-hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?  Jelaskan!
Tantangan apa saja yang kamu hadapi?

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Bocoran Soal TWK CPNS 2018

Inilah beberapa soal yang muncul dalam TWK dan TIU CPNS 2018 : 1. Siapakah Ketua BPUPKI? Jawabannya Ketua BPUPKI adalah Kanjeng ...

Followers

Featured Posts

Selamat datang di PTK Garden

Popular Posts

CPNS