Responsive Banner design
Home » » Panduan Penilaian Kegiatan Belajar Mengajar Kurikulum 2013 SD

Panduan Penilaian Kegiatan Belajar Mengajar Kurikulum 2013 SD


Teknik dan Instrumen Penilaian
1.      Secara umum ada berbagai teknik penilaian yang dapat digunakan, antara lain sebagai berikut.
2.      Penilaian yang digunakan yaitu tes dan nontes.
3.      Jenis tes yang digunakan, tes pilihan ganda, isian, dan jawaban singkat.
4.      Jenis nontes yang digunakan yaitu kinerja, portofolio, observasi, dan produk yang bentuknya rating scale.
5.      Teknik  observasi  atau  pengamatan  yang  dilakukan  selama  pembelajaran berlangsung dan/atau di luar pembelajaran.
6.      Teknik pemberian tugas untuk perorangan atau kelompok yang berbentuk tugas rumah dan/atau projek.
Di dalam Buku Guru ini, teknik penilaian yang dikembangkan, yaitu
1.      Tes (tertulis dan unjuk kerja),
2.      Observasi (pengamatan),
3.      Portofolio.

Instrumen Penilaian
Instrumen penilaian ada dua (2) macam, yaitu sebagai berikut.
1.      Instrumen tes tertulis dalam bentuk soal. Penilaian dilakukan dengan cara menghitung jumlah jawaban benar dari soal yang tersedia.
2.      Instrumen unjuk kerja dalam bentuk Rubrik Penilaian.

Contoh Rubrik Penilaian Bernyanyi


Contoh Penilaian Bernyanyi

Rumus perhitungan adalah :

Keterangan:
Jumlah skor yang diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria 1 dan kriteria 2.
Skor ideal adalah perkalian dari banyak kriteria dengan skor tertinggi.
Pada contoh ini, skor ideal = 2 x 4 = 8.
Perhitungan nilai akhir siswa adalah: 
Dayu nilai akhirnya adalah

Udin nilai akhirnya adalah  

Instrumen   Observasi   Berbentuk   Lembar   Pengamatan.   Mempraktikkan Variasi Gerak Bertumpu dengan Tangan

Lembar Observasi/Pengamatan Mempraktikkan Variasi Gerak Bertumpu dengan Tangan

Penilaian Sikap atau Karakter Siswa

Secara umum ada berbagai teknik penilaian yang dapat digunakan, antara lain sebagai berikut.

1.      Pada semester I, berbagai sikap atau nilai karakter yang akan dikembangkan meliputi jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, patuh terhadap  tata  tertib,  teliti,  kasih  sayang,  kerja  sama,  menghargai,  dan sebagainya.
2.      Untuk mencapai sikap atau nilai karakter tersebut, selain dilakukan secara tidak langsung melalui berbagai aktivitas pembelajaran yang dilakukan, guru diharapkan dapat melakukan penilaian secara langsung atas ketercapaian nilai karakter tertentu pada diri siswa.
Langkah-langkah   di   bawah   ini   dapat   dijadikan   pertimbangan   untuk melakukan penilaian.


a.      Mengingat kendala yang ada, terutama ketersediaan waktu, maka dalam 1 semester, guru dapat menentukan 2 atau 3 nilai karakter yang akan dikembangkan  dan  dinilai  secara  langsung.  Jenis  karakter  yang  akan dikembangkan, hendaknya menjadi keputusan sekolah, meskipun tidak menutup kemungkinan dalam satu kelas ada tambahan 1 atau 2 nilai karakter lain, sesuai dengan kebutuhan di kelas tersebut.
b.   Misalnya  dalam  semester  I,  nilai  karakter  yang  akan  dikembangkan adalah jujur, bertanggung jawab, teliti, santun.
c.   Setiap karakter perlu dibuatkan indikator. Contoh indikator tentang teliti dapat dilihat pada tabel berikut ini.
d.       Kembangkan instrumen penilaian, misalnya lembar pengamatan.


0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Bocoran Soal TWK CPNS 2018

Inilah beberapa soal yang muncul dalam TWK dan TIU CPNS 2018 : 1. Siapakah Ketua BPUPKI? Jawabannya Ketua BPUPKI adalah Kanjeng ...

Followers

Featured Posts

Selamat datang di PTK Garden

Popular Posts

CPNS