Responsive Banner design
Home » » SOAL PEDAGOGIK UKG 2017

SOAL PEDAGOGIK UKG 2017

PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK
1.   Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah
kognitif adalah….
a.      kemampuan berkomunikasi
b.     Kemampuan untuk memecahkan masalah 
c.      kemampuan berinteraksi
d.     kemampuan untuk mengintegrasikan diri

2.   Perkembangan   kognitif   merupakan   salah   satu   aspek yang sangat penting dalam perkembangan peserta didik. Faktor    utama    yang    mempengaruhi    perkembangan kognitif anak adalah.....
a.     Inspirasi
b.     Budaya
c.     Inspirasi
d.     pengasuhan dan lingkungan

3.   Kemampuan   berfikir   untuk   mengoperasikan   kaidah- kaidah  logika  tapi  masih  terkait  dengan  obyek-obyek bersifat  konkrit  merupakan  ciri-ciri  kemampuan  anak berusia
a.      0 - 2 tahun
b.     2 -- 7 tahun
c.      7 -- 11/12 tahun
d.     11/12/ -- 14/15 tahun



4.   Menggunakan   potongan   sapu   lidi,   kelereng,   globe, gambar-gambar  yang  menyangkut  pembelajaran  IPA serta  IPS  sebagai  media  adalah  sesuai  dengan  tahapan perkembangan   berfikir   anak   yang   dikenal   sebagai tahapan
a.      Anak  memahami  bilangan  dan  angka  tetapi  masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
b.      Pengamatan    dan    penginderaan    yang    intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
c.       Dominasi pengamatan bersifat egosentris
d.     Kemampuan  mengoperasikan  kaidah  logika  yang
tidak   terikat   lagi   dengan   obyek   yang   bersifat konkrit (operasional formal)

SOAL     KOMPETENSI     PEDAGOGIK     PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL PESERTA DIDIK
5.     Kemampuan  peserta  didik  untuk  membina  hubungan
dan      kemampuan      memotivasi      diri      termasuk kecerdasan….
a.     Kognitif
b.     Sosial
c.     Emosional 
d.     Moral

6.     Seorang  peserta  mampu  mengendalikan  diri  dengan baik   dalam   berbagai   situasi   dan   mampu   mampu menjalin    kerjasama    yang    baik    dengan    teman- temannya,    dan    mampu    memposisikan    diri    di lingkungan    dengan    baik.    Peserta    didik    tersebut memiliki kecerdasan…
a.      Moral
b.     Spiritual
c.      Sosial emosional 
d.     Kognitif

7.     Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota   lain   untuk   mengemukakan   pendapat.   Jika teman   lain   yang   memimpin   dan   mengendalikan jalannya  diskusi,  ia  memisahkan  diri  dan  cenderung belajar   sendiri.   Peserta   didik   tersebut   mengalami permasalahan dalam perkembangan
a.      sosial-emosional 
b.     kognitif
c.       moral
d.     Spritual

SOAL PERKEMBANGAN MORAL PESERTA DIDIK
8.    Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas
benar-benar  diinternalisasikan  dan  tidak  didasarkan pada    standar-standar    orang    lain.    Dia    mengenal tindakan  moral  alternatif,  menjajaki  pilihan-pilihan, dan  kemudian  memutuskan  berdasarkan  suatu  kode moral  pribadi.  Hal  ini  merupakan  contoh  perilaku moral-spritual pada tahapan ...
a.   penalaran pascakonvensional 
b.   penalaran konvensional
c.   penalaran prakonvensional
d.   penalaran interkonvensional

9.     Individu   memandang   apa   yang   diharapkan   oleh keluarga,   kelompok,   masyarakat   dan   bangsa   serta setia  mendukung  aturan  social  bukan  hanya  untuk ketenangan   tetapi   disadari   sebagai   sesuatu   yang berharga.   Pernyataan   tersebut   merupakan   tahapan perkembangan moral
a.    Prakonvensional
b.     Konvensional
c.      Pascakonvensional 
d.     Interkonvensional

SOAL KESULITAN BELAJAR SISWA
10.   Memaksimalkan  kegiatan  ekstrakurikuler,  melakukan
rekreasi    dengan    guru,    dan    melakukan    kegiatan informal  lainnya   memiliki   fungsi  untuk   mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….
a.      mengemukakan gagasan
b.     mengaktualisasikan diri
c.      penciptaan hubungan yang baik 
d.     menformulasikan tindakan

11.   Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat siswa mengalami    kesulitan    memahami    pelajaran    yang sedang diajarkan adalah:
a.      Mengulang kembali bahan yang diajarkan
b.     Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan
yang belum dipahami
c.      Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
d.     Membantu     setiap     siswa     yang     mengalami kesulitan

12.   Seorang     peserta     didik     mampu     mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ....
a.       kesulitan akademis
b.     gangguan simbolik
c.      gangguan nonsimbolik
d.     gangguan sosial

13.   Perbedaan  antara  konseling  dan  wawancara  terletak pada    maksud    dan    tujuannya.    Tujuan    konseling adalah....
a.       Membantu    siswa    agar    dapat    memecahkan masalah pribadinya
b.     Menbantu      siswa      agar      dapat      melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya
c.      Membantu  siswa  agar  dapat  mengatasi  kesulitan belajar
d.     Membantu   siswa   agar   memperoleh   informasi tertentu

14.   Cara   yang   yang   paling   cepat   dan   akurat   yang digunakan  untuk  mengidentifikasi  kesulitan  belajar peserta didik yang bersumber dari faktor sosial adalah …
a.      Sosiometri
b.     Angket
c.      Wawancara
d.     Brainstorming

15.   Bila   anda   sebagai   guru   menemukan   peserta   didik mengalami   kesulitan   memahami   materi   pelajaran yang diberikan, tindakan apa yang akan dilakukan?
a.      Memindahkantempat duduk peserta didik ke meja yang paling depan
b.     Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik
c.      Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan
d.     Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber

16.  Peserta    didik    banyak    meluangkan    waktu    untuk bermain      dengan      teman-temannya.      Dia      rela menghabiskan    waktunya    untuk    teman    daripada belajar.   Ketika   hasil   tes   dibagikan,   serta   didik mendapat  nilai  yang  kurang  memuaskan.  berusaha menyadarkan     siswa.     hal     tersebut     merupakan penyadaran   kesulitan   belajar   yang   bersumber   dari faktor ...
a.    Keluarga
b.    Sosial
c.    kondisi fisik
d.    intelektual

SOAL TEORI BELAJAR
17.   Teori   ini   memandang   belajar   sebagai   hasil   dari
pembentukan  hubungan  antara  rangsangan  dari  luar (stimulus)  dan  balasan  dari  siswa  (response)  yang dapat   diamati.   Semakin   sering   hubungan   (bond) antara  rangsangan  dan  balasan  terjadi,  maka  akan semakin    kuatlah    hubungan    keduanya    (law    of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…
a.      Behaviorisme
b.     Humanistik
c.      Sibernetik
d.     Kontruktivisme

18.  Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data,   membuat   dugaan   (hipotesis),   mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola),    menggeneralisasi    atau    menyusun    rumus beserta  bentuk  umum,  membuktikan  benar  tidaknya dugaannya  itu.  Hal  ini  merupakan  penerapan  teori belajar…
a.    Sibernetik
b.    Humannistik
c.    Behaviorisme
d.    Konstruktivisme

19.   Menurut  teori  ini,  peranan  guru  dalam  pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran  mengenai  makna  kehidupan  pada  siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari   sudut   pandang   pelakunya   bukan   dari   sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….
a.    Humanistik
b.    Konstruktivisme
c.    Kognitivisme
d.    Nativisme

20.  Pada  masa  kini  siswa  dituntut  untuk  dapat  belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena   kemajuan   teknologi   yang   memungkinkan belajar    jarak    jauh    dalam    jaringan    atau    online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar ….
a.    Sibernetik
b.    Konstruktivisme
c.    Behaviorisme
d.    Kognitivisme

21.  Pendapat  yang  menyatakan  bahwa  pengetahuan  atau pengalaman     yang     baru     dapat     terkait     dengan pengetahuan  lama  yang  sudah  ada  di  dalam  struktur kognitif seseorang adalah teori belajar…
a.    Behaviorisme
b.    Konstruktivisme
c.    Kognitivisme
d.    Sibernatik

SOAL      PERENCANAAN      DAN      PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
22.  pembelajaran  yang  menggambarkan  proses  dan  hasil belajar  yang  diharapkan  dicapai  oleh  peserta  didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:
a.      Silabus
b.     RPP
c.      Silabus dan RPP
d.     SKL

23.  Komponen    rancangan    pelaksanaan    pembelajaran terdiri dari....
a.    Identitas,   kompetensi   Inti,   kompetensi   dasar,
indikator,  tujuan  pembelajaran,  materi,  metode, media   pembelajaran,   sumber   belajar,   langkah- langkah pembelajaran, evaluasi
b.    Identitas,   kompetensi   Inti,   kompetensi   dasar, tujuan   pembelajaran,   indikator,materi,   metode, media   pembelajaran,   sumber   belajar,   langkah- langkah pembelajaran, evaluasi
c.    Identitas,   kompetensi   Inti,   kompetensi   dasar, indikator,  tujuan  pembelajaran,  materi,  metode, sumber   belajar,   media   pembelajaran,   langkah- langkah pembelajaran, evaluasi
d.    Identitas,   kompetensi   Inti,   kompetensi   dasar, indikator,  tujuan  pembelajaran,  materi,  metode, media   pembelajaran,   sumber   belajar,   evaluasi, langkah-langkah pembelajaran

24.   Silabus  dan  RPP  sama-sama  sebagai  rencana  proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:
a.      Silabus  berisi  kompetensi  dasar  sedangkan  rpp mengarahkan   kegiatan   belajar   untuk   mencapai kompetensi dasar
b.     Silabus  bersumber  dari  standar  isi  dan  standar lulusan,  sedangkan  RPP  bersumber  dari  standar kompetensi lulusan
c.      RPP  dibuat  oleh  setiap  guru,  sedangkan  silabus dibuat oleh tim guru
d.     RPP  dan  silabus  keduanya  disusun  oleh  setiap satan pendidikan.

25.  Salah    satu    prinsip    dalam    penyusunan    rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah
a.    Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
b.    Pembelajaran   dirancang   dengan   berpusat   pada peserta didik
c.    RPP bersumber dari silabus
d.     Alokasi  waktu  sesuai  dengan  jadwal  pada  setiap satuan pendidikan

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Bocoran Soal TWK CPNS 2018

Inilah beberapa soal yang muncul dalam TWK dan TIU CPNS 2018 : 1. Siapakah Ketua BPUPKI? Jawabannya Ketua BPUPKI adalah Kanjeng ...

Followers

Featured Posts

Selamat datang di PTK Garden

Popular Posts

CPNS